Halaman

Powered By Blogger

Minggu, 22 Januari 2012

ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIAKU BAHASA NEGERIKU 3


ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIAKU BAHASA NEGERIKU 3
Untuk Kelas XII SMA/MA Program Studi IPA/IPS

Identitas Buku
Judul Buku      : Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3
Penulis             : Atep Tatang, Maman, Nenden Lilis Aisyah, Euis Susilawati
Editor              : Lila Kusminah
Penerbit           : Platinum
Tahun Terbit    : 2008
Cetakan           : Pertama
Halaman muka: xii
Halaman isi     : 292
Ukuran Buku  : 20 x 27.5 cm
ISBN               : 978-979-045-034-9

I.       Pendahuluan
A.     Latar Belakang
          Buku teks adalah buku pelajaran yang ditujukan bagi siswa pada jenjang pendidikan tertentu dengan bidang studi tertentu. Buku teks merupakan buku standar yang ditulis oleh para pakar di bidangnya masing-masing dan dilengkapi dengan sarana pengajaran untuk menunjang sesuatu program tertentu dan tujuan instruksional tertentu. Buku teks berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran tertentu. Buku teks bahasa Indonesia merupakan buku teks yang berisi materi pelajaran bahasa Indonesia dan sebagai alat utama untuk keberhasilan proses belajar mengajar bidang studi bahasa Indonesia.
          Buku teks memberi kesempatan pada pemiliknya untuk menyegarkan ingatan dan sarana khusus yang ada dalam suatu buku teks dapat menolong para pembaca untuk memahami isi buku. Buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA menunjang kegiatan belajar mengajar pada siswa Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah khususnya pada kelas XII. Semakin baik buku teks maka semakin sempurna pengajaran mata pelajaran yang ditunjangnya. Buku teks bahasa Indonesia bermutu tinggi akan meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pengajaran bahasa Indonesia.
          Agar buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA/MA kelas XII dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, maka perlu mengetahui apakah buku teks tersebut bermutu tinggi. Untuk itu, perlu adanya analisis terhadap buku teks tersebut dengan berdasarkan kriteria tertentu. Makalah ini akan membahas tentang analisis penulis terhadap buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA berdasarkan kriteria Greene dan Petty dan memperhatikan kesesuaian buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA dengan KTSP.

B. Rumusan Masalah
                Berdasarkan latar belakang di atas, ada beberapa permasalahan yang dapat diuraikan sebagai berikut.
1.        Bagaimana kriteria buku teks berkualitas tinggi menurut Greene dan Petty?
2.        Bagaimana analisis buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk SMA/MA kelas XII berdasarkan kriteria Greene dan Petty?
3.        Bagaimana analisis kesesuaian buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA  dengan KTSP

C. Tujuan
                Berdasarkan rumusan masalah di atas, ada beberapa tujuan yang dapat diuraikan sebagai berikut.
1.      Mengidentifikasi kriteria buku teks berkualitas tinggi menurut Greene dan Petty.
2.      Mendeskripsikan analisis buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk SMA/MA kelas XII berdasarkan kriteria Greene dan Petty.
3.      Mendeskripsikan analisis kesesuaian buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA  dengan KTSP.

II.    Pembahasan
A.      Kriteria Buku Teks Berkualitas Tinggi Menurut Greene dan Petty
          Greene dan Petty telah menyusun cara penilaian buku teks dengan sepuluh kriteria. Apabila buku teks dapat memenuhi 1 persyaratan yang diajukan, dapat dikatakan buku teks tersebut berkualitas. Butir-butir yang harus dipenuhi oleh buku teks yang tergolong kategori berkualitas tinggi, antara lain:
1.         Buku teks haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang mempergunakannya.
2.         Buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yang memakainya.
3.         Buku teks itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa yang memanfaatkannya.
4.         Buku teks itu seyogianyalah mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.
5.         Buku teks itu isinya haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran lainnya; lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan rencana, sehingga semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.
6.         Buku teks itu haruslah dapat menstimulasi, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi para siswa yang mempergunakannya.
7.         Buku teks itu haruslah dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsep yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat membingungkan para siswa yang memakainya.
8.         Buku teks itu haruslah mempunyai sudut pandangan atau “point of view” yang jelas dan tegas sehingga juga pada akhirnya menjadi sudut pandangan para pemakainya yang setia.
9.         Buku teks itu haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa.
10.     Buku teks itu haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para siswa pemakainya.
        (Greene dan Petty dikutp Tarigan, 2009:20-21)

B.   Analisis Buku Teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk SMA/MA Berdasarkan Kriteria Greene dan Petty
          Analisis buku teks bahasa Indonesia untuk SMA/MA berdasarkan persyaratan yang  diajukan oleh Greene dan Petty sebagai berikut.
1.         Buku teks haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang mempergunakannya.
           Buku teka Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 ini dapat dikatakan buku teks yang mampu menarik minat dan perhatian para siswa yang mempergunakannya. Hal ini ditandai dengan sampul buku yang berwarna cerah disertai dengan foto siswa yang sedang membaca buku. Warna pada sampul buku ini sangat sederhana tetapi menarik. Kombinasi warna  hitam, merah, biru dan hijau dengan latar belakang sampul berwarna putih membuat buku ini terlihat sederhana.
           Selain desain sampul buku yang menarik, isi buku ini juga  tak kalah menarik. Buku ini memuat petunjuk penggunaan buku. Warna-warna yang terdapat dalam isi buku juga warna yang cerah seperti kuning. Setiap bab dibuat peta konsep sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran dengan mind mapping. Buku teks ini juga dilengkapi dengan tips-tips dan gambar-gambar yang menarik guna menunjang pengajaran bahasa Indonesia di SMA/MA. Selain tips dan gambar-gambar, terdapat juga kolom info tokoh yang memuat informasi mengenai tokoh-tokoh sastrawan yang ada di Indonesia.

2.         Buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yang memakainya.
           Buku Teks Bahasa Indensia karangan Asep Tatang dkk. ini dapat dikatakan memenuhi kriteria yang kedua menurut Greene dan Petty. Buku ini membangun motivasi pada siswa. Hal ini dapat kita lihat pada kolom refleksi pada setiap bab. Pada kolom ini merupakan kegiatan umpan balik untuk menumbuhkan semangat siswa agar dapat lebih giat lagi dan tetap bersemangat untuk menghadapi semua hambatan dalam meraih cita-cita. Untuk mempertegas hal ini, dapat kita lihat contoh berikut.
Manfaat lain yang dapat kamu petik dari kegiatan menulis surat lamaran kerja adalah kamu harus lebih waspada terhadap iklan di surat kabar/majalah. Banyak lowongan kerja yang menjanjikan mimpi, namun akhirnya dapat merugikanmu. Karena itu, sebelum melamar kerja, cermatilah benar pekrjaan yang ditawarkan. Jangan sampai nanti kamu bekerja tidak mendapatkan kehidupan yang lebih baik, namun menyesatkan. (hlm.28)

3.         Buku teks itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa yang memanfaatkannya.
            Buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku memuat ilustrasi yang menarik bagi siswa. Di buku ini terdapat ilustrasi berupa gambar, kolom-kolom tambahan seperti kolom refleksi yang memuat motivasi-motivasi bagi siswa, kolom lebih kreatif yang memuat latihan-latihan agar siswa lebih kreatif dalam belajar dan kolom info tokoh memuat informasi tokoh sastra. Dengan kolom seperti kolom informasi tentang tokoh sastra Indonesia tentu akan menambah wawasan siswa selain buku ini dapat menarik siswa yang mempergunakannya. Selain itu, terdapat pula rangkuman di akhir pembahasan materi dengan kolom yang diberi warna kuning gading. Ini tentu lebih mempermudah siswa menemukan isi pokok materi yang dibahas di setiap bab. Dengan demikian, buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 sudah memenuhi syarat ketiga yang diajukan oleh Greene dan Petty.

4.         Buku teks itu seyogianyalah mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.
           Buku teks bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XII ini sudah memenuhi aspek linguistik. Hal ini dapat kita lihat pada kalimat-kalimat instruksi dalam buku ini yang tidak ambigu, efektif, sederhana dan mudah dipahami siswa. Misalnya kalimat yang terdapat dalam paragraf berikut.
Di sekitar rumahmu tentu ada beberapa perusahaan, kantor, atau sejenisnya. Cobalah kamu membuat surat lamaran pekerjaan untuk bekerja di tempat tersebut! Ketiklah suratmu tersebut dengan menggunakan bentuk full block! Buatlah surat tersebut dengan bahasamu sendiri yang mencerminkan kepribadianmu! (hlm.24)

5.         Buku teks itu isinya haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran lainnya; lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan rencana, sehingga semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.
           Selain berhubungan langsung dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, buku teks bahasa Indonesia ini sudah berhubungan erat dengan pelajaran lain seperti olahraga. Hal ini ditunjukkan dengan adanya wacana dan bahasan pada bab-bab tertentu mengenai ketiga mata pelajaran tersebut. Salah satunya seperti wacana yang berjudul “Anak Tak Perlu di Bekali Ponsel” yang berkaitan erat dengan kesehatan. Wacana ini membahas tentang anak usia sekolah yang belum wajar dibekali ponsel karena anak sekolah khususnya sekolah dasar pada usia di bawah 8 tahun masih mengalami pertumbuhan otak sehingga jika menggunakan ponsel di usia itu dapat mengganggu perkembangan otak yang memungkinkan terserang kanker otak. Buku teks ini lebih cocok digunakan pada siswa jurusan IPA karena dari wacana-wacana yang ada di dalamnya, banyak membahas mengenai teknologi dan kesehatan.

6.          Buku teks itu haruslah dapat menstimulasi, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi para siswa yang mempergunakannya.
           Buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA ini sudah memenuhi syarat buku teks yang berkualitas menurut Greene dan Petty. Buku teks ini dapat menstimulasi dan merangsang aktivitas-aktivitas pribadi siswa yang menggunakannya. Misalnya pada bab Ragam Budaya yang pada subbabnya membahas tentang menulis inti sari buku. Terdapat kolom Tugas Mandiri yang dapat merangsang aktivitas siswa untuk mencoba membuat sebuah inti sari buku nonfiksi. Atau dapat pula dilihat pada bab yang sama pada kolom Lebih Kreatif Berlatih. Kolom ini memuat instruksi yang dapat menstimulasi siswa agar lebih kreatif mengerjakan tugas-tugas yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki siswa. Dengan demikian siswa lebih merasa bahwa aktivitas yang ditawarkan lebih menyenangkan karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

7.         Buku teks itu haruslah dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsep yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat membingungkan para siswa yang memakainya.
           Buku teks yang ditujukan untuk kelas XII SMA/MA ini menggunakan konsep yang jelas dan rinci. Setiap instruksi yang diberikan tidak membuat siswa yang membacanya kebingungan. Misalnya pada kolom Aktivitas 3 yang memuat aktivitas mengomentari laporan teman. Dapat dilihat pada halaman 39.
Kamu telah mencatat penilaianmu terhadapa penyampaian laporan yang dilakukan oleh temanmu. Sekarang, sampaikan kritik dan saran, jangan lupa untuk menyebutkan kepada siapa kritik dan saran itu ditujukan. Kamu dapat menggunakan format seperti berikut atau format lainnya.

8.         Buku teks itu haruslah mempunyai sudut pandangan atau “point of view” yang jelas dan tegas sehingga juga pada akhirnya menjadi sudut pandangan para pemakainya yang setia.
         Buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 sudah mencakup semua keterampilan berbahasa dan kemampuan bersastra yang sesuai dengan kurikulum 2006 (KTSP). Misalnya,
Kemampuan berbahasa:
1.      Memahami informasi dari berbagai laporan. (Kemampuan mendengarkan/menyimak)
2.      Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran. (Kemampuan berbicara)
3.      Membaca teks pidato. (Kemampuan membaca)
4.      Menulis surat dinas. (Kemampuan menulis surat resmi)
Kemampuan bersastra:
1.      Menanggapi pembacaan novel. (Kemampuan mendengarkan)
2.      Membaca puisi. (Kemampuan membaca)
3.      Menulis cerpen berdasarkan pengalaman. (Kemampuan menulis)
4.      Memerankan drama dengan memerhatikan unsur pementasan drama. (Kemampuan berbicara)

9.         Buku teks itu haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa.
           Di dalam buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 memuat nilai-nilai yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti nilai yang terdapat dalam sebuah cerpen yang berjudul  “Akan Kusimpan ini buat Ayah” yang mengandung nilai moral sosial, seorang anak harus mengasihi orang tuanya dan merawatnya di usia tuanya. Selain itu, dapat pula dilihat pada cerpen yang berjudul “Surat buat Tuhan” yang mengandung nilai agama.

10.     Buku teks itu haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para siswa pemakainya.
           Di dalam buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA/MA kelas XII ini perlakuan antara siswa satu dengan yang lain sama, tidak ada pembedaan. Misalnya, dalam kegiatan mencari contoh surat dinas. Terdapat instruksi seperti berikut.
Bentuklah sebuah kelompok untuk mencari contoh surat dinas. Bandingkan masing-masing contoh surat tersebut, kemudian temukan perbedaannya baik dalam hal sistematika maupun format surat. Tulislah hasil tugas tersebut kemudian kumpulkan kepada guru kalian. (hlm.60)
           Instruksi di atas menunjukkan bahwa tidak ada pembedaan terhadap para siswa pemakainya. Buku ini tidak membagi kelompok berdasarkan kepandaian atau kemampuan yang dimiliki oleh siswa tertentu saja. Tetapi buku ini tetap memandang sama kepada siswa pemakainya sehingga buku ini layak dikatakan sebagai buku yang berkualitas berdasarkan kriteria Greene dan Petty.

C.   Analisis Kesesuaian Buku Teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA  dengan KTSP.
          Jika menilik pada sampul buku bagian depan, buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA ini menjanjikan bahwa isi buku sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Hal yang dijanjikan oleh buku ini kemudian menarik penulis untuk menganalisis kesesuaian antara buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk SMA/MA 3 untuk kelas XII ini dengan KTSP. Setelah melakukan analisis, buku ini memang tidak menyalahi aturan sebagai buku yang memiliki kesesuaian materi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dapat dilihat pada contoh berikut ini.
Kompetensi Dasar:
Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa dan format yang baku
Kegiatan:
1.      Mengetahui macam-macam surat dinas dan fungsinya
2.      Mengetahui berbagai format penulisan surat dinas
3.      Menulis surat dinas dengan memerhatikan struktur diksi, kejelasan kalimat, keterkairan antarkalimat, EYD sesuai dengan jenis dan maksud surat yang diharapkan. (hlm.54)

III. Penutup
A. Kesimpulan
          Berdasarkan analisis yang penulis lakukan terhadap buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA berdasarkan kriteria kualitas buku teks menurut Greene dan Petty, penulis menyimpulkan bahwa buku teks ini dapat dikatakan memenuhi kelayakan sebagai buku teks yang berkualitas tinggi karena telah memenuhi semua syarat yang diajukan pleh Greene dan Petty. Selain itu, buku teks ini juga sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi  dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan yang tercantum pada sampul depan buku.

B. Saran
          Berdasarkan penilaian penulis, ada satu hal yang menjadi kelemahan buku, yaitu buku terlalu besar sehingga agak memberatkan siswa ketika ingin dibawa ke sekolah. Sebaiknya jika ingin dicetak kembali, ukuran buku sedikit diperkecil agar memudahkan siswa membawa buku teks ini.


Daftar Pustaka
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Tatang, Atep dkk.. 2008. Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3. Semarang: Platinum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar