ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIAKU
BAHASA NEGERIKU 3
Untuk Kelas XII SMA/MA Program Studi
IPA/IPS
Identitas Buku
Judul Buku :
Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3
Penulis :
Atep Tatang, Maman, Nenden Lilis Aisyah, Euis Susilawati
Editor :
Lila Kusminah
Penerbit :
Platinum
Tahun Terbit : 2008
Cetakan :
Pertama
Halaman muka: xii
Halaman isi : 292
Ukuran Buku : 20 x 27.5 cm
ISBN :
978-979-045-034-9
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
Buku teks adalah buku pelajaran yang ditujukan bagi siswa
pada jenjang pendidikan tertentu dengan bidang studi tertentu. Buku teks merupakan
buku standar yang ditulis oleh para pakar di bidangnya masing-masing dan
dilengkapi dengan sarana pengajaran untuk menunjang sesuatu program tertentu
dan tujuan instruksional tertentu. Buku teks berfungsi sebagai penunjang
kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran tertentu. Buku teks bahasa Indonesia merupakan buku teks
yang berisi materi pelajaran bahasa Indonesia dan sebagai alat utama untuk
keberhasilan proses belajar mengajar bidang studi bahasa Indonesia.
Buku teks memberi kesempatan pada pemiliknya untuk
menyegarkan ingatan dan sarana khusus yang ada dalam suatu buku teks dapat
menolong para pembaca untuk memahami isi buku. Buku teks Bahasa Indonesiaku
Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA menunjang kegiatan belajar mengajar
pada siswa Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah khususnya pada kelas XII.
Semakin baik buku teks maka semakin sempurna pengajaran mata pelajaran yang
ditunjangnya. Buku teks bahasa Indonesia bermutu tinggi akan meningkatkan
kualitas pengajaran dan hasil pengajaran bahasa Indonesia.
Agar buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA/MA
kelas XII dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil pengajaran bahasa
dan sastra Indonesia, maka perlu mengetahui apakah buku teks tersebut bermutu
tinggi. Untuk itu, perlu adanya analisis terhadap buku teks tersebut dengan
berdasarkan kriteria tertentu. Makalah ini akan membahas tentang analisis
penulis terhadap buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII
SMA/MA berdasarkan kriteria Greene dan Petty dan memperhatikan kesesuaian buku
teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA dengan KTSP.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, ada beberapa
permasalahan yang dapat diuraikan sebagai berikut.
1.
Bagaimana kriteria buku teks berkualitas tinggi menurut Greene dan Petty?
2.
Bagaimana analisis buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk SMA/MA
kelas XII berdasarkan kriteria Greene dan Petty?
3.
Bagaimana analisis
kesesuaian buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII
SMA/MA dengan KTSP
C. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, ada beberapa
tujuan yang dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Mengidentifikasi kriteria
buku teks berkualitas tinggi menurut Greene dan Petty.
2. Mendeskripsikan analisis
buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk SMA/MA kelas XII
berdasarkan kriteria Greene dan Petty.
3. Mendeskripsikan analisis kesesuaian buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk
kelas XII SMA/MA dengan KTSP.
II. Pembahasan
A. Kriteria
Buku Teks Berkualitas Tinggi Menurut Greene dan Petty
Greene dan Petty telah menyusun cara penilaian buku teks
dengan sepuluh kriteria. Apabila buku teks dapat memenuhi 1 persyaratan yang
diajukan, dapat dikatakan buku teks tersebut berkualitas. Butir-butir yang
harus dipenuhi oleh buku teks yang tergolong kategori berkualitas tinggi,
antara lain:
1.
Buku teks haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang
mempergunakannya.
2.
Buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yang
memakainya.
3.
Buku teks itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa yang
memanfaatkannya.
4.
Buku teks itu seyogianyalah mempertimbangkan aspek-aspek linguistik
sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.
5.
Buku teks itu isinya haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran
lainnya; lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan rencana, sehingga
semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.
6.
Buku teks itu haruslah dapat menstimulasi, merangsang aktivitas-aktivitas
pribadi para siswa yang mempergunakannya.
7.
Buku teks itu haruslah dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsep
yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat membingungkan para siswa
yang memakainya.
8.
Buku teks itu haruslah mempunyai sudut pandangan atau “point of view” yang
jelas dan tegas sehingga juga pada akhirnya menjadi sudut pandangan para
pemakainya yang setia.
9.
Buku teks itu haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai
anak dan orang dewasa.
10. Buku teks itu haruslah dapat
menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para siswa pemakainya.
(Greene dan Petty dikutp Tarigan, 2009:20-21)
B. Analisis Buku Teks Bahasa Indonesiaku Bahasa
Negeriku 3 untuk SMA/MA Berdasarkan Kriteria Greene dan Petty
Analisis buku teks bahasa Indonesia untuk SMA/MA
berdasarkan persyaratan yang diajukan
oleh Greene dan Petty sebagai berikut.
1.
Buku teks haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa yang
mempergunakannya.
Buku teka Bahasa Indonesiaku Bahasa
Negeriku 3 ini dapat dikatakan buku teks yang mampu menarik minat dan perhatian
para siswa yang mempergunakannya. Hal ini ditandai dengan sampul buku yang
berwarna cerah disertai dengan foto siswa yang sedang membaca buku. Warna pada
sampul buku ini sangat sederhana tetapi menarik. Kombinasi warna hitam, merah, biru dan hijau dengan latar
belakang sampul berwarna putih membuat buku ini terlihat sederhana.
Selain desain sampul
buku yang menarik, isi buku ini juga tak
kalah menarik. Buku ini memuat petunjuk penggunaan buku. Warna-warna yang
terdapat dalam isi buku juga warna yang cerah seperti kuning. Setiap bab dibuat
peta konsep sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran dengan mind
mapping. Buku teks ini juga dilengkapi dengan tips-tips dan gambar-gambar
yang menarik guna menunjang pengajaran bahasa Indonesia di SMA/MA. Selain tips
dan gambar-gambar, terdapat juga kolom info tokoh yang memuat informasi
mengenai tokoh-tokoh sastrawan yang ada di Indonesia.
2.
Buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yang
memakainya.
Buku Teks Bahasa
Indensia karangan Asep Tatang dkk. ini dapat dikatakan memenuhi kriteria yang
kedua menurut Greene dan Petty. Buku ini membangun motivasi pada siswa. Hal ini
dapat kita lihat pada kolom refleksi pada setiap bab. Pada kolom ini merupakan
kegiatan umpan balik untuk menumbuhkan semangat siswa agar dapat lebih giat
lagi dan tetap bersemangat untuk menghadapi semua hambatan dalam meraih
cita-cita. Untuk mempertegas hal ini, dapat kita lihat contoh berikut.
Manfaat lain yang dapat kamu petik dari
kegiatan menulis surat lamaran kerja adalah kamu harus lebih waspada terhadap
iklan di surat kabar/majalah. Banyak lowongan kerja yang menjanjikan mimpi,
namun akhirnya dapat merugikanmu. Karena itu, sebelum melamar kerja, cermatilah
benar pekrjaan yang ditawarkan. Jangan sampai nanti kamu bekerja tidak
mendapatkan kehidupan yang lebih baik, namun menyesatkan. (hlm.28)
3.
Buku teks itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa yang
memanfaatkannya.
Buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa
Negeriku memuat ilustrasi yang menarik bagi siswa. Di buku ini terdapat ilustrasi
berupa gambar, kolom-kolom tambahan seperti kolom refleksi yang memuat
motivasi-motivasi bagi siswa, kolom lebih kreatif yang memuat latihan-latihan
agar siswa lebih kreatif dalam belajar dan kolom info tokoh memuat informasi
tokoh sastra. Dengan kolom seperti kolom informasi tentang tokoh sastra
Indonesia tentu akan menambah wawasan siswa selain buku ini dapat menarik siswa
yang mempergunakannya. Selain itu, terdapat pula rangkuman di akhir pembahasan
materi dengan kolom yang diberi warna kuning gading. Ini tentu lebih
mempermudah siswa menemukan isi pokok materi yang dibahas di setiap bab. Dengan
demikian, buku teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 sudah memenuhi syarat
ketiga yang diajukan oleh Greene dan Petty.
4.
Buku teks itu seyogianyalah mempertimbangkan aspek-aspek linguistik
sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.
Buku teks bahasa
Indonesia untuk SMA/MA kelas XII ini sudah memenuhi aspek linguistik. Hal ini
dapat kita lihat pada kalimat-kalimat instruksi dalam buku ini yang tidak
ambigu, efektif, sederhana dan mudah dipahami siswa. Misalnya kalimat yang
terdapat dalam paragraf berikut.
Di sekitar rumahmu tentu ada beberapa perusahaan, kantor, atau sejenisnya.
Cobalah kamu membuat surat lamaran pekerjaan untuk bekerja di tempat tersebut!
Ketiklah suratmu tersebut dengan menggunakan bentuk full block! Buatlah
surat tersebut dengan bahasamu sendiri yang mencerminkan kepribadianmu!
(hlm.24)
5.
Buku teks itu isinya haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran
lainnya; lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan rencana, sehingga
semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.
Selain berhubungan
langsung dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, buku teks bahasa Indonesia ini
sudah berhubungan erat dengan pelajaran lain seperti olahraga. Hal ini
ditunjukkan dengan adanya wacana dan bahasan pada bab-bab tertentu mengenai
ketiga mata pelajaran tersebut. Salah satunya seperti wacana yang berjudul
“Anak Tak Perlu di Bekali Ponsel” yang berkaitan erat dengan kesehatan. Wacana
ini membahas tentang anak usia sekolah yang belum wajar dibekali ponsel karena
anak sekolah khususnya sekolah dasar pada usia di bawah 8 tahun masih mengalami
pertumbuhan otak sehingga jika menggunakan ponsel di usia itu dapat mengganggu
perkembangan otak yang memungkinkan terserang kanker otak. Buku teks ini lebih
cocok digunakan pada siswa jurusan IPA karena dari wacana-wacana yang ada di
dalamnya, banyak membahas mengenai teknologi dan kesehatan.
6.
Buku teks itu haruslah dapat
menstimulasi, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi para siswa yang
mempergunakannya.
Buku teks Bahasa
Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA ini sudah memenuhi syarat
buku teks yang berkualitas menurut Greene dan Petty. Buku teks ini dapat
menstimulasi dan merangsang aktivitas-aktivitas pribadi siswa yang
menggunakannya. Misalnya pada bab Ragam Budaya yang pada subbabnya membahas
tentang menulis inti sari buku. Terdapat kolom Tugas Mandiri yang dapat
merangsang aktivitas siswa untuk mencoba membuat sebuah inti sari buku
nonfiksi. Atau dapat pula dilihat pada bab yang sama pada kolom Lebih Kreatif
Berlatih. Kolom ini memuat instruksi yang dapat menstimulasi siswa agar lebih
kreatif mengerjakan tugas-tugas yang sesuai dengan minat dan bakat yang
dimiliki siswa. Dengan demikian siswa lebih merasa bahwa aktivitas yang
ditawarkan lebih menyenangkan karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
7.
Buku teks itu haruslah dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsep
yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat membingungkan para siswa
yang memakainya.
Buku teks yang
ditujukan untuk kelas XII SMA/MA ini menggunakan konsep yang jelas dan rinci.
Setiap instruksi yang diberikan tidak membuat siswa yang membacanya
kebingungan. Misalnya pada kolom Aktivitas 3 yang memuat aktivitas mengomentari
laporan teman. Dapat dilihat pada halaman 39.
Kamu telah mencatat penilaianmu terhadapa penyampaian laporan yang
dilakukan oleh temanmu. Sekarang, sampaikan kritik dan saran, jangan lupa untuk
menyebutkan kepada siapa kritik dan saran itu ditujukan. Kamu dapat menggunakan
format seperti berikut atau format lainnya.
8.
Buku teks itu haruslah mempunyai sudut pandangan atau “point of view” yang
jelas dan tegas sehingga juga pada akhirnya menjadi sudut pandangan para
pemakainya yang setia.
Buku teks Bahasa
Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 sudah mencakup semua keterampilan berbahasa dan
kemampuan bersastra yang sesuai dengan kurikulum 2006 (KTSP). Misalnya,
Kemampuan berbahasa:
1. Memahami informasi dari
berbagai laporan. (Kemampuan mendengarkan/menyimak)
2. Mengomentari berbagai
laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran. (Kemampuan berbicara)
3. Membaca teks pidato.
(Kemampuan membaca)
4. Menulis surat dinas.
(Kemampuan menulis surat resmi)
Kemampuan bersastra:
1. Menanggapi pembacaan novel.
(Kemampuan mendengarkan)
2. Membaca puisi. (Kemampuan
membaca)
3. Menulis cerpen berdasarkan
pengalaman. (Kemampuan menulis)
4. Memerankan drama dengan
memerhatikan unsur pementasan drama. (Kemampuan berbicara)
9.
Buku teks itu haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai
anak dan orang dewasa.
Di dalam buku teks
Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 memuat nilai-nilai yang ada dalam
kehidupan bermasyarakat. Seperti nilai yang terdapat dalam sebuah cerpen yang
berjudul “Akan Kusimpan ini buat Ayah”
yang mengandung nilai moral sosial, seorang anak harus mengasihi orang tuanya
dan merawatnya di usia tuanya. Selain itu, dapat pula dilihat pada cerpen yang
berjudul “Surat buat Tuhan” yang mengandung nilai agama.
10. Buku teks itu haruslah
dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para siswa pemakainya.
Di dalam buku teks
bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA/MA kelas XII ini perlakuan antara siswa
satu dengan yang lain sama, tidak ada pembedaan. Misalnya, dalam kegiatan mencari
contoh surat dinas. Terdapat instruksi seperti berikut.
Bentuklah sebuah kelompok untuk mencari
contoh surat dinas. Bandingkan masing-masing contoh surat tersebut, kemudian
temukan perbedaannya baik dalam hal sistematika maupun format surat. Tulislah
hasil tugas tersebut kemudian kumpulkan kepada guru kalian. (hlm.60)
Instruksi di atas
menunjukkan bahwa tidak ada pembedaan terhadap para siswa pemakainya. Buku ini
tidak membagi kelompok berdasarkan kepandaian atau kemampuan yang dimiliki oleh
siswa tertentu saja. Tetapi buku ini tetap memandang sama kepada siswa
pemakainya sehingga buku ini layak dikatakan sebagai buku yang berkualitas
berdasarkan kriteria Greene dan Petty.
C. Analisis Kesesuaian Buku Teks Bahasa
Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA dengan KTSP.
Jika menilik pada sampul buku bagian depan, buku teks Bahasa
Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA ini menjanjikan bahwa isi
buku sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini yaitu Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Hal yang dijanjikan oleh buku ini kemudian
menarik penulis untuk menganalisis kesesuaian antara buku teks Bahasa
Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk SMA/MA 3 untuk kelas XII ini dengan KTSP.
Setelah melakukan analisis, buku ini memang tidak menyalahi aturan sebagai buku
yang memiliki kesesuaian materi dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Dapat dilihat pada contoh berikut ini.
Kompetensi Dasar:
Menulis surat dinas
berdasarkan isi, bahasa dan format yang baku
Kegiatan:
1. Mengetahui macam-macam surat
dinas dan fungsinya
2. Mengetahui berbagai format
penulisan surat dinas
3. Menulis surat dinas dengan
memerhatikan struktur diksi, kejelasan kalimat, keterkairan antarkalimat, EYD
sesuai dengan jenis dan maksud surat yang diharapkan. (hlm.54)
III. Penutup
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis yang penulis lakukan terhadap buku
teks Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3 untuk kelas XII SMA/MA berdasarkan
kriteria kualitas buku teks menurut Greene dan Petty, penulis menyimpulkan
bahwa buku teks ini dapat dikatakan memenuhi kelayakan sebagai buku teks yang
berkualitas tinggi karena telah memenuhi semua syarat yang diajukan pleh Greene
dan Petty. Selain itu, buku teks ini juga sesuai dengan kurikulum yang sedang
berlaku saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Sesuai dengan
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang
Standar Kompetensi Lulusan yang tercantum pada sampul depan buku.
B. Saran
Berdasarkan penilaian penulis, ada satu hal yang menjadi
kelemahan buku, yaitu buku terlalu besar sehingga agak memberatkan siswa ketika
ingin dibawa ke sekolah. Sebaiknya jika ingin dicetak kembali, ukuran buku
sedikit diperkecil agar memudahkan siswa membawa buku teks ini.
Daftar Pustaka
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Telaah
Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Tatang, Atep
dkk.. 2008. Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 3. Semarang: Platinum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar