RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Sekolah : SMP
Negeri 22 Palembang
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 1 X 35 menit
Pertemuan ke- : 1
A.
Standar Kompetensi
Mengungkapkan informasi dalam
bentuk surat dinas, laporan dan resensi.
B. Kompetensi
Dasar
Menulis surat lamaran
pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur.
C.
Indikator
Setelah
mengikuti kegiatan ini, siswa diharapkan dapat:
1.
mengenali unsur-unsur dalam surat lamaran
pekerjaan
2.
menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan
3.
memperbaiki surat dari segi struktur, diksi,
kejelasan kalimat, keterkaitan antarkalimat, dan EYD.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
ini, siswa diharapkan dapat mengenali unsur-unsur dalam surat lamaran
pekerjaan, menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan, dan memperbaiki
surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, keterkaitan antarkalimat,
dan EYD.
E.
Materi Pembelajaran
Menulis surat lamaran
pekerjaan.
F.
Metode dan Model
Pembelajaran
- Metode :
Diskusi
- Model :
Kooperatif terpadu membaca dan menulis
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (5 Menit)
- Pra Pembelajaran
Guru mengucapkan salam, mengajak siswa berdoa sebelum memulai belajar,
dan melakukan absensi siswa.
- Apersepsi
Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan cara mengaitkan materi yang
sudah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari. Apesepsi juga dapat
dilakukan dengan menanyakan kepada siswa apakah siswa pernah membuat sebuah surat
lamaran pekerjaan.
- Motivasi
Guru membeerikan motivasi kepada siswa bahwa dengan mempelajari menulis
surat lamaran pekerjaan akan memudahkan siswa
setelah selesai melaksanakan studinya. Materi ini dibutuhkan siswa
karena untuk melamar pekerjaan, setiap orang harus membuat surat lamaran
pekerjaan. Sehingga materi pelajaran mengenai surat lamaran pekerjaan sangat
dibutuhkan siswa.
2.
Kegiatan Inti (25 Menit)
1. Guru
memberikan materi tentang surat lamaran pekerjaan dan cara menulis surat
lamaran pekerjaan.
2. Guru
membentuk kelas menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 4
orang.
3. Guru
memberikan lembar kerja siswa berupa contoh surat lamaran pekerjaan.
4. Siswa
bekerjasama dengan kelompoknya untuk menemukan unsur-unsur yang terdapat dalam
surat lamaran pekerjaan.
5. Siswa
membacakan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
3.
Kegiatan Penutup (5 Menit)
1.
Guru memandu siswa untuk membuat kesimpulan
mengenai materi pelajaran.
2.
Tindak lanjut
a.
Guru memberikan tugas individu kepada siswa untuk
membuat sebuah surat lamaran pekerjaan.
b.
Guru meminta siswa untuk membaca materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya pada buku teks yang dimiliki siswa.
H.
Sumber/Alat/Media
Buku
teks bahasa Indonesia, papan tulis.
I.
Evaluasi
a.
Tes berupa tes essay tertulis
b.
Soal
1. Apa
yang dimaksud dengan surat lamaran pekerjaan?
2. Sebutkan
unsur-unsur yang terdapat dalam surat lamaran pekerjaan!
c.
Kunci Jawaban
1. Surat
lamaran pekerjaan adalah sebuah bentuk komunikasi tertulis dari pencari
pekerjaan atau pelamar pekerjaan (perseorangan) dengan penyedia/pemilik
lapangan pekerjaan.
2. Bagian
pembuka memuat: - tempat dan tanggal surat
-
nama dan alamat surat
-
salam pembuka
Bagian isi memuat : - pendahuluan
- isi: berisi jabatan yang
diinginkan, kualifikasi pelamar dan hal-hal yang dilampirkan dalam
surat.
- penutup: berisi harapan untuk diterima dan
ucapan
terima kasih.
Bagian penutup memuat: - salam penutup
- nama pengirim
- tanda tangan
pengirim
d.
Pembobotan
Soal nomor 1, bobot: 35
Soal nomor 2, bobot: 65
e.
Cara penskoran
Nilai kriteria :
91-100 = A
81-90 = B
71-80 = C
61-70 = D
51-60 = E
Palembang, 3 Januari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Dra. Almia Afnan Pertiwi, M. Pd. Eka
Novirna, S. Pd.
NIP 131877319 NIP
06101002033
Tidak ada komentar:
Posting Komentar