Halaman

Powered By Blogger

Kamis, 01 Maret 2012

Pentingnya Model Pembelajaran di SMP dan SMA


Berbicara mengenai pembelajaran, tidak akan pernah lepas dari interaksi antara guru dan siswa. Karena secara langsung dan tidak langsung, proses pembelajaran akan melibatkan guru dan siswa. Secara langsung guru dan siswa berinteraksi di dalam kelas. Secara tidak langsung guru memberi materi pelajaran dan siswa membuat tugas yang diberikan oleh guru.
Saat ini, dunia pendidikan di Indonesia masih membutuhkan perhatian ekstra dari para aktivis pendidikan. Apalagi zaman sudah semakin berkembang dengan berbagai penguasaan IPTEK yang kompleks. Guru semakin dituntut untuk memaksimalkan kinerja agar siswa dapat menerima materi dengan cepat tetapi tidak menyebabkan kejenuhan dan kebosanan pada saat proses belajar mengajar. Untuk itu, guru perlu menggunakan konsep dan metode yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran. Salah satu konsep yang sering digunakan pada saat ini adalah model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
Model pembelajaran PAIKEM sangat dibutuhkan dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar di kelas. Model pembelajaran yang kreatif dan inovatif tentu akan berimplikasi pada motivasi dan minat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Peserta cenderung menginginkan proses pembelajaran yang dapat menarik minatnya untuk terus belajar. Dengan demikian, tujuan dan hasil belajar yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.
Model pembelajaran PAIKEM ini juga harus memperhatikan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah. Guru harus pandai menyesuaikan model pembelajaran dengan sarana dan prasarana yang ada. Dalam menerapkan model pembelajaran guru tidak bisa melalikan aspek-aspek yang menunjang pelaksanaan model pembelajaran itu sendiri. Misalnya media apa yang ingin digunakan untuk menunjang pelaksanaan model pembelajaran. Atau kondisi siswa dan bahan-bahan pelajaran seperti sumber bacaan yang dimiliki siswa. Untuk itu, guru harus memilih model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di dalam kelas.
Adanya model pembelajaran yang diterapkkan di SMP dan SMA dapat memberikan keleluasaan bagi siswa untuk berpikir dan bekerja secara kreatif dan inovatif. Dalam model pembelajaran PAIKEM ini banyak tipe model pembelajaran yang dapat membantu siswa mengembangkan minat dan bakatnya secara pribadi. Selain itu, siswa juga dapat belajar dalam rumpun interaksi sosial karena model pembelajaran ini juga terdapat aktivitas siswa belajar dalam kelompok.
Jadi model pembelajaran tidak bisa diabaikan perannya dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM, para aktivis pendidikan dapat mengupayakan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan itu sendiri. Selain itu, model pembelajaran juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya karena model pembelajaran ini membatu siswa berpikir secara kreatif. Siswa juga dapat menikmati proses belajar yang menyenangkan dan tidak merasa bosan. Dengan demikian, guru akan semakin mudah mencapai tujuan dan hasil belajar yang baik dari siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar